Jumat, 09 Oktober 2020

Kompetensi Dasar Kls XI

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INGGRIS UMUM

SMA/MA/SMK/MAK

 

 KELAS XI

 

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan.  kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual adalah, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. adapun rumusan kompetensi sikap sosial adalah “menunjukakan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktifberbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia “. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (Indirect teaching ) .  yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

 

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Ketrampilan dirumuskan sebagai berikut yaitu siswa mampu :

 

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta  menerapkan pengetahuan  procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam   ranah konkret dan ranah abstrak terkait 

   Dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1  Membedakan  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis   lisan dan tulis( persuasive atau argumentatif) dengan memberi dan meminta informasi, menyampaikan  pendapat / pikiran terkait isu actual, sesuai dengan konteks  sesuai dengan konteks penggunaannya. 

4.1  Teks eksposisi analitis ( Persuatif atau argumentatif)

4.1.1 Menangkap makna secara konstektual terkait fungsi social,struktur teks,dan unsur kebahasaan  teks eksposisi analitis lisan dan tulis (persuasive atau argumentatif) tekait isu actual.

4.1.2  Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tullis , dengan memperhatikan fungsi social ,struktur teks,dan unsur kebahasaan , secara benar dan sesui konteks.

3.2 Membedakan  fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan member dan menerima informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya sesuai dengan konteks penggunanya.

4.2   Teks Surat Pribadi

4.2.1 Menangkap makna secara konstektual terkait fungsi social,struktur teks,dan unsur kebahasaan  teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya.

4.2.2  Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkalam bentuk suratit kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tullis , dengan memperhatikan fungsi social ,struktur teks,dan unsur kebahasaan , secara benar dan sesui konteks.

.

3.3.  Membedakan  fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks Prosedur  lisan dan tulis dengan memberi dan menerima informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunanya

4.3    Teks Prosedur

4.2.1 Menangkap makna secara konstektual terkait fungsi social,struktur teks,dan unsur kebahasaan  teks procedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (Tps).

4.2.2  Menyusun teks teks procedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (Tps).

         dengan memperhatikan fungsi social ,struktur teks,dan unsur kebahasaan , secara benar dan sesui konteks.

3.4  Menafsirkan fungsi social dan unsur kebahasaan lirik laguterkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK

4.4 Menangkap makna terkait fungsi social, struktur teks,dan unsur kebahasaan  secara kontektuals lirik lagu terkait kehidupan remajaSMK/MA/SMK/MAK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar