KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA INGGRIS UMUM
SMA/MA/SMK/MAK
KELAS XI
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual adalah, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. adapun rumusan kompetensi sikap sosial adalah “menunjukakan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktifberbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia “. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (Indirect teaching ) . yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Ketrampilan dirumuskan sebagai berikut yaitu siswa mampu :
KOMPETENSI INTI
3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI
4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis, pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. |
4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait Dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan. |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis
lisan dan tulis( persuasive
atau argumentatif) dengan memberi dan meminta informasi, menyampaikan pendapat / pikiran terkait isu actual,
sesuai dengan konteks sesuai dengan
konteks penggunaannya. |
4.1 Teks
eksposisi analitis ( Persuatif atau argumentatif) 4.1.1 Menangkap makna secara konstektual terkait
fungsi social,struktur teks,dan unsur kebahasaan teks
eksposisi analitis lisan dan tulis (persuasive atau
argumentatif) tekait isu actual. 4.1.2
Menyusun teks khusus dalam bentuk
surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan
tullis , dengan memperhatikan fungsi social ,struktur teks,dan unsur kebahasaan , secara
benar dan sesui konteks. |
3.2
Membedakan fungsi social, struktur
teks dan unsur kebahasaan beberapa teks
khusus dalam bentuk surat pribadi dengan member dan menerima informasi
terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya sesuai dengan konteks
penggunanya. |
4.2 Teks
Surat Pribadi 4.2.1 Menangkap makna secara konstektual terkait
fungsi social,struktur teks,dan unsur kebahasaan teks
khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang
sekitarnya. 4.2.2
Menyusun teks khusus dalam bentuk
surat pribadi terkalam bentuk suratit kegiatan diri sendiri dan orang
sekitarnya, lisan dan tullis , dengan memperhatikan fungsi social ,struktur
teks,dan unsur kebahasaan , secara benar dan sesui konteks. . |
3.3. Membedakan fungsi social, struktur teks dan unsur
kebahasaan beberapa teks
Prosedur lisan dan tulis dengan
memberi dan menerima informasi terkait manual penggunaan teknologi dan
kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunanya |
4.3 Teks
Prosedur 4.2.1 Menangkap makna secara konstektual terkait
fungsi social,struktur teks,dan unsur kebahasaan teks
procedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi
dan kiat-kiat (Tps). 4.2.2
Menyusun teks teks procedur lisan dan
tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (Tps). dengan memperhatikan fungsi social ,struktur
teks,dan unsur kebahasaan , secara benar dan sesui konteks. |
3.4 Menafsirkan fungsi social dan unsur
kebahasaan lirik laguterkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK |
4.4 Menangkap makna terkait fungsi social,
struktur teks,dan unsur kebahasaan secara kontektuals lirik lagu
terkait kehidupan remajaSMK/MA/SMK/MAK |
0 komentar:
Posting Komentar