KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA INGGRIS UMUM
SMA/MA/SMK/MAK
KELAS XII
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual adalah, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. adapun rumusan kompetensi sikap sosial adalah “menunjukakan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktifberbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia “. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (Indirect teaching ) . yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Ketrampilan dirumuskan sebagai berikut yaitu siswa mampu :
KOMPETENSI INTI
3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI
4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis, pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. |
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait Dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat lamaran
kerja, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, latar belakang
pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya |
4.1
Surat lamaran 4.2.1 Menangkap makna secara konstektual terkait
fungsi social,struktur teks,dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat lamaran
kerja, dengan memberi dan meminta informasi antara lain jati diri, latar belakang
pendidikan/pengalaman kerja. 4.2.2
Menyusun teks khusus surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang
pendidikan/pengalaman kerja. dengan memperhatikan fungsi social ,struktur
teks,dan unsur kebahasaan , secara benar dan sesui konteks. |
3.2
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, dengan memberi dan meminta
informasi terkait gambar /foto/table/grafik/bagan, sesuai dengan konteks
penggunaannya |
4.2
Teks penyeta gambar (caption) 4.2.1 Menangkap makna secara konstektual terkait
fungsi social,struktur teks,dan unsur kebahasaan teks
khusus dalam bentuk caption, terkait gambar
/foto/table/grafik/bagan. 4.2.2
Menyusun teks
khusus dalam bentuk caption, terkait gambar
/foto/table/grafik/bagan.dengan memperhatikan fungsi social ,struktur
teks,dan unsur kebahasaan , secara benar dan sesui konteks. |
3.3
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks Exlpanation
lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait gejala alam atau social yang tercakup dalam mata
pelajaran lain di kelas XII,sesuai dengan konteks penggunaannya |
4.3 Menangkap makna secara konstektual terkait
fungsi social,struktur teks,dan unsur kebahasaan teks Exlpanation lisan dan tulis terkait gejala alam atau social yang
tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas XII |
3.4 Menafsirkan fungsi social dan unsur
kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK |
4.4 Menangkap makna terkait fungsi social,
struktur teks,dan unsur kebahasaan secara kontektuals lirik lagu
terkait kehidupan remajaSMK/MA/SMK/MAK |
0 komentar:
Posting Komentar