Jumat, 09 Oktober 2020

Kompetensi Dasar Kls XII

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INGGRIS UMUM

SMA/MA/SMK/MAK

 

 KELAS XII

 

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan.  kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual adalah, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. adapun rumusan kompetensi sikap sosial adalah “menunjukakan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktifberbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia “. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (Indirect teaching ) .  yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

 

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Ketrampilan dirumuskan sebagai berikut yaitu siswa mampu :

 

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta  menerapkan pengetahuan  procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait 

Dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

 

 

 

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1 Membedakan  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.1    Surat lamaran

4.2.1 Menangkap makna secara konstektual terkait fungsi social,struktur teks,dan unsur kebahasaan   teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, dengan memberi dan meminta informasi antara lain  jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja.

4.2.2  Menyusun teks khusus  surat lamaran kerja, yang  memberikan informasi antara lain  jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja. dengan memperhatikan fungsi social ,struktur teks,dan unsur kebahasaan , secara benar dan sesui konteks.

3.2 Membedakan  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, dengan memberi dan meminta informasi terkait gambar /foto/table/grafik/bagan, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.2    Teks penyeta gambar (caption)

4.2.1 Menangkap makna secara konstektual terkait fungsi social,struktur teks,dan unsur kebahasaan   teks  khusus dalam bentuk  caption, terkait gambar /foto/table/grafik/bagan.

4.2.2  Menyusun   teks  khusus dalam bentuk  caption, terkait gambar /foto/table/grafik/bagan.dengan memperhatikan fungsi social ,struktur teks,dan unsur kebahasaan , secara benar dan sesui konteks.

3.3 Membedakan  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks  Exlpanation lisan dan tulis  dengan memberi dan meminta informasi terkait gejala alam atau social yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas XII,sesuai dengan konteks penggunaannya

4.3 Menangkap makna secara konstektual terkait fungsi social,struktur teks,dan unsur kebahasaan   teks  Exlpanation lisan dan tulis  terkait gejala alam atau social yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas XII

3.4  Menafsirkan fungsi social dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK

4.4 Menangkap makna terkait fungsi social, struktur teks,dan unsur kebahasaan  secara kontektuals lirik lagu terkait kehidupan remajaSMK/MA/SMK/MAK

 

 

 

Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar